Sabtu, 19 Juli 2008

WORLD BANK, APA DAN SIAPA ? (Bagian I)

Tentunya temen-temen sering mendengar kata World Bank, namun apakah temen-temen mengetahui apa dan siapa world bank itu? Apakah temen-temen tahu apasih yang dikerjain world bank di Indonesia ? Terus kenapa sekarang orang-orang pada ngeributin kerjaannya world bank yang konon katanya ngak bener dan semakin nyusahin bokap-bakop and nyokap-nyokap kita, nyusahin petani, nyusahin nelayan, nyusahin kaum buruh, pokoknya semua orang dibuat susah deh.....

Nah...ini ada sedikit pengetahuan tambahan buat temen-temen yang mo tahu apa dan siapa world bank itu, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita semua terus kalo ada yang mo ngediskusiin lebih bagus lagi tuh..

Sejarah Lahirnya World Bank

Cikal bakalnya si World Bank ini dimulai sewaktu lagi seru-serunya Perang Dunia ke 2, adalah seorang yang bernama Henry Morgenthau, Sekretaris Bidang Keuangan Amerika, beliau ini ceritanya punya bayangan apa yang akan terjadi di dunia ini kalo perang udah selesai trus dibantu oleh seorang penasehat internasional bidang ekonomi, Harry Dexter White mereka berdua bikin momerandum yang akan menyelaraskan pertukaran nilai uang internasional dan mempromosikan perdagangan. Ide mereka ini di bawa ke dalam konferensi moneter dan keuangan PBB yang diadakan di Hotel Mount Washington, Bretton Woods, New Hampshire, di Amrik sono. Konon ada sekitar 700 delegasi dari 43 negara yang ikut di pertemuan yang berakhir pada tanggal 22 Juli 1944 dan mereka-mereka yang hadir itulah yang membidani lahirnya si World Bank dan sodara kembarnya si IMF (International Monetary Fund).

Terus apa sih tujuan kehadiran world bank ?

Katanya sih misinya si World Bank atau nama panjangnya International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) ini adalah untuk “membantu pembangunan dan rekonstruksi teritori para anggota bank dunia dengan memfasilitasi investasi kapital untuk tujuan produksi”. Jadi...misi utama keberadaan bank dunia (di Indonesia-in aja ya biar gampang nyebutinnya) adalah Pembangunan, mengingat pada masa itu hampir separo negara-negara di dunia mengalami perang dunia yang melumpuhkan perekonomian mereka. Sementara sodaranya yaitu si IMF punya misi untuk merekonstruksi dan ngejagain sistem moneter internasional yang pada masa itu bangkrut.

Gimana Struktur Organisasi Bank Dunia ?

1. Dewan Gubernur (Board of Governor)

Dewan Gubernur adalah lembaga pengambilan keputusan tertinggi di Bank Dunia. Para Gubernur dan Wakil Gubernur ditunjuk oleh masing-masing negara anggota, yang biasanya adalah Menteri Keuangan atau Pimpinan Bank Sentral yang memiliki otoritas penuh berbicara atas nama pemerintah masing-masing. Dewan Gubernur bertemu setahun sekali dalam sidang tahunan Bank Dunia.

2. Dewan Direktur (Board of Directors)

Dewan Gubernur mendelegasikan wewenang pengambilan keputusan sehari-hari kepada Dewan Direktur yang terdiri dari 24 Eksekutif Direktur (ED) yang ditunjuk dan dipilih mereka. 5 (lima) dari ED dipilih oleh 5 (lima) negara yang memiliki saham terbanyak di Bank Dunia dan 19 lainnya mewakili kelompok negara dan masing-masing dipilih oleh negara yang tergabung dalam kelompok tersebut. Posisi ED di 19 kelompok ini merupakan posisi yang bergilir. Dewan Direktur memilih seorang Presiden untuk menjalankan pekerjaan Dewan Direktur sehari-hari.

KELOMPOK BANK DUNIA

Ternyata yang namanya Bank Dunia itu ngak sendirian, setelah yang sulung lahir disusul sodara-sodaranya yang lain, jadi sampe saat ini mereka ada 5 (lima) be-sodara selain dengan kembarannya si IMF, yaitu :

IBRD

International Bank for Reconstruction and Development alias Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan. Didirikan tahun 1944, dengan tujuan utama untuk meminjamkan uang dengan bunga yang berlaku di pasaran untuk keperluan pembangunan dan investasi proyek ke negara-negara berkembang dengan pendapatan perkapita yang relatif tinggi. Pinjaman diberikan kepada pemerintah atau proyek yang dijamin oleh pemerintah. Sumber dana berasal dari negara-negara anggota IBRD yang memberikan kontribusi uang kontan atau menjaminkan obligasinya di pasar modal internasional. Sampai tahun 1994 pinjaman keseluruh dunia telah mencapai US$ 14,25 miliar.

IDA

International Development Association / Asosiasi Pembangunan Internasional
Didiri-in pada tahun 1960, tujuan utamanya untuk ngutangin negara-negara miskin yang pendapatan perkapita tiap tahunnya kurang dari 1.345 US$, dengan bunga yang lebih rendah yang berlaku dipasaran. Pinjaman diberikan kepada pemerintah atau proyek-proyek yang dijamin oleh pemerintah. Sumber dana IDA berasal dari negara pendana IDA, sebagian keuntungan IBRD, dan pengembalian kredit IDA. Sampai dengan tahun 1994 pinjaman IDA udah mencapai US$ 6,59 miliar.

IFC

International Finance Corporation / Korporasi Keuangan Internasional
Didirikan pada tahun 1956, dengan tujuan untuk membangun sektor bisnis swasta di negara berkembang. Pinjaman ditujukan untuk bisnis swasta. Sumber dana dari negara anggota yang menjaminkan obligasinya di pasar modal internasional dan keuntungan yang didapatkan dari pendapatan yang tidak dibagikan kepada pemegang saham. Sampai tahun 1994, pembiayaan, pinjaman, dan investasi di seluruh dunia mencapai US$ 2,5 miliar.

MIGA

Multilateral Investment Guarantee Agency / Agensi Penjamin Investasi Multilateral
Didirikan tahun 1988, dengan tujuan untuk menyediakan asuransi resiko politik bagi investasi bisnis di negara berkembang. MIGA tidak memberikan pinjaman namun memberikan asuransi untuk kontrak bisnis swasta. Sumber dana dari negara anggota yang mengagunkan polis asuransinya dan pendapatan premi dan biaya komitmen. Kontrak yang dikeluarkan pada tahun 1994 mencapai US$ 373 juta.

ICSID

International Center for Settlement of Investment Dispute / Pusat Internasional Penyelesaian Sengketa Investasi
Didirikan pada tahun 1966, untuk menyediakan layanan penengah dalam perselisihan antara investor asing dan pemerintah lokal yang timbul sebagai akibat dari adanya penanaman modal. ICSID beranggotakan 131 negara, dimana anggotanya harus juga merupakan anggota IBRD.

Modified by dEr@

Bersambung ya....

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda